Pengertian Teknik Informatika

Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.


Menimbang hal di atas, program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.

Saat ini alumni Teknik Informatika telah tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai profesi, seperti dosen, guru, staf TI, wiraswasta, dan bahkan ada yang bekerja di Singapura. Tempat mereka bekerja juga beraneka ragam, seperti perbankan, industri kertas, pengolahan kayu, serta industri lainnya.

Posted by Nursohib Mahmudin on 23.01

34 komentar:

adiratna mengatakan...

Kepanjangannnya Teknik Informatika = TI
note my adiratna
Adiratna Blog
blog purno

Muhammad Zenal Muttaqin (Admin) mengatakan...

mantaapp... mkasi mas infonya .. :)

Fahrul walid mengatakan...

thanks informasinya bos...
OTODIDAKERS

Aji Pgg mengatakan...

motivasi nya bwat anak TI gmna Gan??
ane butuh nie :(

Ikka Winda mengatakan...

terimakasih artikelnya :D

aliem mutohidin mengatakan...

sipp, i like infonya..

hermawan rudi mengatakan...

teknik informatika sangatlah tepat bagi generasi penerus agar tidak ketinggalan zaman yang modern ini..

Twinersy mengatakan...

numpang copas beberapa kata gan, buat referensi tugas

kingkong mengatakan...

Thank's gan infonya !!!!

peluang agen tiket

naufal syarifuddin mengatakan...

Mantap bro thanks atas tipsnya kunjungan baliknya www.naufalthedarkness.blogspot.com

maha naufal mengatakan...

teknik informatika apa menejemen informatika yaaaa???? bingung...ni gan,ksi solusi doonk...

Fani Jully mengatakan...

teknik informatika, teknik komputer
perbedaannya apa ? :)

dwi anggitasari mengatakan...

Aku yakin mau milih falkultas ini...

arum cantika putri mengatakan...

teknik komputer dan sistem komputer, apa juga bedanya ?

Sandi Mulyadi mengatakan...

Wah ada temen di Teknik Informatika. Saya juga aktif nulis yang berhubungan dengan Teknik Informatika seperti tutorial, komputer, jaringan, sistem operasi, informasi, teknologi dan yang lainnya. Kalian juga bisa kunjungsi situs resminya di http://www.teknikinformatika.net/ dan saling berbagi ilmu mengenai Informatika disana.,
Salam TI.NET

yoga gumilar mengatakan...

Wah bener tuh apa yang dikata om Sandi Mulyadi, barusan ane buka webnya Teknik Informatika ada banyak artikel tentang komputer. Terutama Linux, saya sedang belajar linux juga kebetulan, bisa dijadikan referensi tuh. Makasih bang Sandi Mulyadi

tini tinni mengatakan...

Like... jadi pengen masuk jurusan ini

Wandy Nugraha mengatakan...

Saya lulusan listrik kira cokok ga ambil teknik informatika

Azril Alamsyah mengatakan...

Luar biasa,,very''' niceee :)0

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

publish mengatakan...

Saya mau masuk TI tapi takut kurang dasar2nya -____-

Kazuna K mengatakan...

pengennya cepet2 lulus terus mau masuk fakultas ini. jadi aku mau banyak belajar soal IT. hehe :)

study mengatakan...

Mau tanya Bagusan TI di trisakti atau unikom yah?

safari ramadhan mengatakan...

kalo teknik informatika itu banyak hitung2an nya ga ya,,,,,?

Abdul Lathif mengatakan...

makasih banyak infonya gan, jadi lebih mengerti nih tentang jurusan ini. jangan lupa kunjungi http://kuliahpedia.blogspot.com
Prospek kerja teknik informatika

SIMAKNEWS mengatakan...

terima kasih www.simaknews.com

DARSIN USMAN mengatakan...

Makasih infonya gan.

Aldy TKJ 14 mengatakan...

Yg saya tau dri dosen saya teknik komputer lebih bnyak mengarah ke mekanika komputer sdgkan teknik informartika lebih mengarah ke programing

Aldy TKJ 14 mengatakan...

Banyak pke bngt & hrus pinter main logika

Muhammad Fawaaid mengatakan...

Post Anda Sangat Membantu.. ^^
Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://aikawafaith.blogspot.com/

Poskan Komentar

Followers